responsive1.txt

This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Thursday 12 November 2015

PENGENALAN DESAIN PEMODELAN GRAFIK

1.       PENGERTIAN DESAIN PEMODELAN GRAFIK
Desain pemodelan grafik merupakan suatu proses penciptaan suatu obyek baru dengan menggunakan software dan melalui beberapa tahapan yakni membuat, menyimpan dan memanipulasi model dan citra. Desain pemodelan grafik terdiri dari 3 suku kata yakni  Desain, Pemodelan dan Grafik dan jika diuraikan masing – masing dari setiap arti suku kata tersebut memiliki pengertian sebagai berikut :
    PENGERTIAN DESAIN
Desain adalah seni terapan, arsitektur dan pencapaian kreatif lainnya. Desain juga diartikan sebagai kerangka bentuk atau rancangan.
    PENGERTIAN PEMODELAN
Pemodelan adalah pola/contoh dari sesuatu yang akan dibuat atau dirancang. Pemodelan adalah tahap dimana akan dibentuknya suatu obyek. Proses pemodelan ini memerlukan perancangan dengan beberapa langkah saat pembuatannya.
    PENGERTIAN GRAFIK
Grafik didefinisikan sebagai pengungkaapan dan perwujudan dalam bentuk huruf, simbol dan gambar dengan menggunakan proses pencetakan. Grafik juga didefinisikan sebagai suatu manipulasi model dan citra.
    PENGERTIAN DESAIN GRAFIK
Desain grafik adalah seni dalam berkomunikasi menggunakan tulisan, ruang, dan gambar. Bidang ini merupakan bagian dari komunikasi visual. Ilmu desain grafis mencakup seni visual, tipografi, tata letak, dan desain interaksi.

2.       PRINSIP & UNSUR DESAIN GRAFIK
a.    PRINSIP
  Kesederhanaan
Banyak pakar desain grafis menyarankan prinsip ini dalam pekerjaan desain.
  Keseimbangan
Keseimbangan adalah keadaan atau kesamaan antara kekuatan yang saling berhadapan dan menimbulkan adanya kesan seimbang secara visual.
  Kesatuan
Kesatuan adalah kohesi, konsistensi, ketunggalan atau keutuhan, yang merupakan isi pokok dari komposisi.
  Penekanan
Penekanan dimaksudkan untuk menarik perhatian pembaca, sehingga ia mau melihat dan membaca bagian desain yang dimaksud.
.  Irama
Irama merupakan selisih antara dua wujud yang terletak pada ruang, serupa dengan interval waktu antara dua nada musik beruntun yang sama.
b.    UNSUR
  Garis
Sebuah garis adalah unsur desain yang menghubungkan antara satu titik poin dengan titik poin yang lain sehingga bisa berbentuk gambar garis lengkung (curve) atau lurus (straight).
 Bentuk
Bentuk adalah segala hal yang memiliki diameter tinggi dan lebar.
  Huruf
Yang direpresentasikan dalam bentuk visual yang dapat digunakan untuk membentuk tulisan sebagai wakil dari bahasa verbal dengan bentuk visual langsung, seperti A, B, C, dsb.
  Simbol
Yang direpresentasikan dalam bentuk visual yang mewakili bentuk benda secara sederhana dan dapat dipahami secara umum sebagai simbol atau lambang untuk menggambarkan suatu bentuk benda nyata, misalnya gambar orang, bintang, matahari dalam bentuk sederhana (simbol), bukan dalam bentuk nyata (dengan detail).
  Form
bentuk ini betul-betul mencerminkan kondisi fisik dari suatu obyek. Seperti gambar manusia secara detil, hewan atau benda lainnya.
  Tekstur
Tekstur adalah tampilan permukaan (corak) dari suatu benda yang dapat dinilai dengan cara dilihat atau diraba.
  Ruang
Ruang merupakan jarak antara suatu bentuk dengan bentuk lainnya, pada praktek desain dapat dijadikan unsur untuk memberi efek estetika desain dan dinamika desain grafis.
  Ukuran
Ukuran adalah unsur lain dalam desain yang mendefinisikan besar kecilnya suatu obyek.
  Warna
Warna merupakan unsur penting dalam obyek desain. Karena dengan warna orang bisa menampilkan identitas, menyampaikan pesan atau membedakan sifat dari bentuk-bentuk bentuk visual secara jelas.

Perbedaan grafis secara umum

Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan se efektif mungkin. Dalam desain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam desain komunikasi dan fine art. Seperti jenis desain lainnya, desain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain).
Macam-Macam desain grafis :
# Desain grafis berbasis Vector adalah desain grafis yang berbasis besaran dan arah atau magnitude dan direction.

# Desain grafis berbasis Bitmap adalah desain grafis yang memiliki berjuta-juta titik atau pixel.
Perbedaan dari kedua desain grafis tersebut :
Pada Vector :
  • Gambar tetap jelas ketika di perbesar
  • Tersusun dari garis dan kurva
  • Kualitas grafik tidak tergantung dari banyaknya pixel
  • Disusun oleh objek geometris yang dibuat berdasarkan perhitungan matematis
  • Sifatnya resolution independent
  • Ukuran penyimpanan relatif kecil
  • Program yang digunakan adalah Coreldraw, Adobe ilustrator, Macromedia Freehand
Pada Bitmap :
  • Gambar kurang jelas jika diperbesar
  • Terdiri atas titiK
  • Ukuran file yang dihasilkan besar
  • Kualitas grafis tergantung dari banyaknya pixel
  • Disusun oleh objek yang disebut pixel
  • Sifat resolusinya dependent atau dipengaruhi resolusi
  • Ukuran penyimpanan relatif besar
Peta Konsep
Gambar non digital adalah sketsa atau guratan alat gambar ke suatu media kertas, kanvas, dan sebagainya yang berada di luar lingkungan media digital (komputer, kamera digital).
Gambar digital adalah gambar yang dihasilkan dari olah gambar di komputer, pemotretan menggunakan kamera digital, atau media lain yang disimpan dalam bentuk file
Gambar digital terbagi menjadi dua jenis yaitu gambar jenis bitmap dan gambar jenis vektor.
Secara umum program desain grafis terdiri dari 2 macam, yaitu

  1. Berbasis vektor
  2. Berbasis bitmap (raster)

Pengertian desain grafis berbasis
Vector : Desain grafis yang berbasis besaran dan arah, atau magnitude dan direction
Bitmap : Desain grafis yang memiliki berjuta-juta titik atau pixel
Gambar bitmap merupakan duplikat atau tiruan persis dari gambar asli dalam bentuk gambar digital. Gambar jenis ini tersusun dari sejumlah titik pixel (picture element)/dot/point/titik koordinat yang ditempatkan pada lokasi-lokasi tertentu dengan nilai warna tersendiri sehingga membentuk pola tertentu di layar computer.
Banyaknya titik dalam 1 inchi dikenal dengan dpi (dot per inchi).
gambar bitmap berekstensi *.bmp, *.jpg, *.tif, *.gif, *.png, *.pix, *.pcx, dll
Perbedaan desain grafis berbasis vektor dan berbasis bitmap
ANALISIS JURNAL GRAFIK KOMPUTER

kali ini saya akan menganalisa kedua jurnal,skedua jurnal akan saya bandingkan dari segi struktur penulisan,isi materi,dan kejelasan materi yang dibahas.
Jurnal yang saya bandingkan,tidak akan saya tampilkan dalam halaman ini,tetapi hanya saya berikan link sumber jurnalnya.

Pengaruh Penerangan Dalam Ruang Terhadap Produktivitas Kerja Mahasiswa Desain Interior


Akan dibandingkan dengan :


 Desain mebel dalam pendidikan seni dan desain
 

Setelah membaca kedua jurnal diatas antara
Pengaruh Penerangan Dalam Ruang Terhadap Produktivitas Kerja Mahasiswa Desain Interior
dengan desain mebel dalam pendidikan seni dan desain ,Berikut ini hasil analisa yang akan saya paparkan mengenai kedua jurnal tersebut.

dari kedua jurnal  materi yang di sampaikan lengkap dari mulai pendefinisian materi hingga pembahasannya dan link download.Penulis memberikan materi dari berbagai sumber bacaan,sehingga menambah kejelasan jurnal yang dibahas.

dari segi penulisan ,
desain mebel dalam pendidikan seni dan desain lebih baik di bandingkan Pengaruh Penerangan Dalam Ruang Terhadap Produktivitas Kerja Mahasiswa Desain Interior , karena penulisan dalam sistem pakar ada kesalahan sedikit dalam penulisaannya tapi kedua jurnal tersebut masih bisa di pahami.

Dari segi kejelasan materi menurut  saya, jurnal
desain mebel dalam pendidikan seni dan desain mudah dipahami dibanding jurnal Pengaruh Penerangan Dalam Ruang Terhadap Produktivitas Kerja Mahasiswa Desain Interior, karena jurnal sistem pakar di mana di jelaskan mengenai pendidikan tentang seni.

Dari kedua jurnal Hasil analisa ,saya menyimpulkan bahwa jurnal yang saya baca memiliki kualitas yang bagus dan layak untuk dijadikan referensi bacaan.
Bila terdapat kesalahan saya mohon di maafkan, karena manusia tidak pernah luput dari kesalahan,dan apabila materi yang disampaikan terapat kesamaan,harap maklum,karena materi didapatkan dari banyak sumber.
Terimakasih.
reference :
http://rhidetotakarai.blogspot.co.id/2012/10/artikel-perbedaan-grafis-secara-umum.html
http://renaldi-eha.blogspot.co.id/2015/10/pengenalan-desain-pemodelan-grafik.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Desain_grafis