1. PENGERTIAN DESAIN PEMODELAN GRAFIK
Desain pemodelan grafik merupakan
suatu proses penciptaan suatu obyek baru dengan menggunakan software
dan melalui beberapa tahapan yakni membuat, menyimpan dan memanipulasi
model dan citra. Desain pemodelan grafik terdiri dari 3 suku kata yakni
Desain, Pemodelan dan Grafik dan jika diuraikan masing – masing dari
setiap arti suku kata tersebut memiliki pengertian sebagai berikut :
PENGERTIAN DESAIN
Desain adalah seni terapan,
arsitektur dan pencapaian kreatif lainnya. Desain juga diartikan sebagai
kerangka bentuk atau rancangan.
PENGERTIAN PEMODELAN
Pemodelan adalah pola/contoh dari
sesuatu yang akan dibuat atau dirancang. Pemodelan adalah tahap dimana
akan dibentuknya suatu obyek. Proses pemodelan ini memerlukan
perancangan dengan beberapa langkah saat pembuatannya.
PENGERTIAN GRAFIK
Grafik didefinisikan sebagai
pengungkaapan dan perwujudan dalam bentuk huruf, simbol dan gambar
dengan menggunakan proses pencetakan. Grafik juga didefinisikan sebagai
suatu manipulasi model dan citra.
PENGERTIAN DESAIN GRAFIK
Desain grafik adalah seni dalam
berkomunikasi menggunakan tulisan, ruang, dan gambar. Bidang ini
merupakan bagian dari komunikasi visual. Ilmu desain grafis mencakup
seni visual, tipografi, tata letak, dan desain interaksi.
2. PRINSIP & UNSUR DESAIN GRAFIK
a. PRINSIP
Kesederhanaan
Banyak pakar desain grafis menyarankan prinsip ini dalam pekerjaan desain.
Keseimbangan
Keseimbangan adalah keadaan atau
kesamaan antara kekuatan yang saling berhadapan dan menimbulkan adanya
kesan seimbang secara visual.
Kesatuan
Kesatuan adalah kohesi, konsistensi, ketunggalan atau keutuhan, yang merupakan isi pokok dari komposisi.
Penekanan
Penekanan dimaksudkan untuk menarik perhatian pembaca, sehingga ia mau melihat dan membaca bagian desain yang dimaksud.
. Irama
Irama merupakan selisih antara
dua wujud yang terletak pada ruang, serupa dengan interval waktu antara
dua nada musik beruntun yang sama.
b. UNSUR
Garis
Sebuah garis adalah unsur desain
yang menghubungkan antara satu titik poin dengan titik poin yang lain
sehingga bisa berbentuk gambar garis lengkung (curve) atau lurus
(straight).
Bentuk
Bentuk adalah segala hal yang memiliki diameter tinggi dan lebar.
Huruf
Yang direpresentasikan dalam
bentuk visual yang dapat digunakan untuk membentuk tulisan sebagai wakil
dari bahasa verbal dengan bentuk visual langsung, seperti A, B, C, dsb.
Simbol
Yang direpresentasikan dalam
bentuk visual yang mewakili bentuk benda secara sederhana dan dapat
dipahami secara umum sebagai simbol atau lambang untuk menggambarkan
suatu bentuk benda nyata, misalnya gambar orang, bintang, matahari dalam
bentuk sederhana (simbol), bukan dalam bentuk nyata (dengan detail).
Form
bentuk ini betul-betul
mencerminkan kondisi fisik dari suatu obyek. Seperti gambar manusia
secara detil, hewan atau benda lainnya.
Tekstur
Tekstur adalah tampilan permukaan (corak) dari suatu benda yang dapat dinilai dengan cara dilihat atau diraba.
Ruang
Ruang merupakan jarak antara
suatu bentuk dengan bentuk lainnya, pada praktek desain dapat dijadikan
unsur untuk memberi efek estetika desain dan dinamika desain grafis.
Ukuran
Ukuran adalah unsur lain dalam desain yang mendefinisikan besar kecilnya suatu obyek.
Warna
Warna merupakan unsur penting
dalam obyek desain. Karena dengan warna orang bisa menampilkan
identitas, menyampaikan pesan atau membedakan sifat dari bentuk-bentuk
bentuk visual secara jelas.
Perbedaan grafis secara umum
Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi
visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan
se efektif mungkin. Dalam desain grafis, teks juga dianggap gambar karena
merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain
grafis diterapkan dalam desain komunikasi dan fine art. Seperti jenis
desain lainnya, desain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan,
metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin
ilmu yang digunakan (disain).
Macam-Macam desain grafis :
# Desain grafis berbasis Vector adalah desain grafis yang berbasis besaran dan arah atau magnitude dan direction.
# Desain grafis berbasis Bitmap adalah desain grafis yang memiliki berjuta-juta titik atau pixel.
# Desain grafis berbasis Bitmap adalah desain grafis yang memiliki berjuta-juta titik atau pixel.
Perbedaan dari kedua desain grafis tersebut :
Pada Vector :
- Gambar tetap jelas ketika di perbesar
- Tersusun dari garis dan kurva
- Kualitas grafik tidak tergantung dari banyaknya pixel
- Disusun oleh objek geometris yang dibuat berdasarkan perhitungan matematis
- Sifatnya resolution independent
- Ukuran penyimpanan relatif kecil
- Program yang digunakan adalah Coreldraw, Adobe ilustrator, Macromedia Freehand
Pada Bitmap :
- Gambar kurang jelas jika diperbesar
- Terdiri atas titiK
- Ukuran file yang dihasilkan besar
- Kualitas grafis tergantung dari banyaknya pixel
- Disusun oleh objek yang disebut pixel
- Sifat resolusinya dependent atau dipengaruhi resolusi
- Ukuran penyimpanan relatif besar
Peta Konsep
Gambar non
digital adalah sketsa atau guratan
alat gambar ke suatu media kertas, kanvas, dan sebagainya yang berada di luar
lingkungan media digital (komputer, kamera digital).
Gambar
digital adalah gambar yang dihasilkan
dari olah gambar di komputer, pemotretan menggunakan kamera digital, atau media
lain yang disimpan dalam bentuk file
Secara umum program desain grafis terdiri dari 2 macam, yaitu
Pengertian desain grafis berbasis
Vector : Desain grafis yang berbasis
besaran dan arah, atau magnitude dan direction
Bitmap : Desain grafis yang memiliki
berjuta-juta titik atau pixel
Gambar
bitmap merupakan duplikat atau tiruan persis dari gambar asli dalam bentuk
gambar digital. Gambar jenis ini tersusun dari sejumlah titik pixel (picture
element)/dot/point/titik koordinat yang ditempatkan pada lokasi-lokasi
tertentu dengan nilai warna tersendiri sehingga membentuk pola tertentu di
layar computer.
Banyaknya titik
dalam 1 inchi dikenal dengan dpi
(dot per inchi).
gambar bitmap berekstensi *.bmp, *.jpg, *.tif,
*.gif, *.png, *.pix, *.pcx, dll
Perbedaan
desain grafis berbasis vektor dan berbasis bitmap
ANALISIS JURNAL GRAFIK KOMPUTER
kali ini saya akan menganalisa kedua jurnal,skedua jurnal akan saya bandingkan dari segi struktur
penulisan,isi materi,dan kejelasan materi yang dibahas.
Jurnal yang saya bandingkan,tidak akan saya tampilkan dalam halaman ini,tetapi hanya saya berikan link sumber jurnalnya.
Pengaruh Penerangan Dalam Ruang Terhadap Produktivitas Kerja Mahasiswa Desain Interior
Akan dibandingkan dengan :
Desain mebel dalam pendidikan seni dan desain
Desain mebel dalam pendidikan seni dan desain
Setelah membaca kedua jurnal diatas antara
Pengaruh Penerangan Dalam Ruang Terhadap Produktivitas Kerja Mahasiswa Desain Interior
dengan desain mebel dalam pendidikan seni dan desain ,Berikut ini hasil analisa yang akan saya paparkan mengenai
kedua jurnal tersebut.dari kedua jurnal materi yang di sampaikan lengkap dari mulai pendefinisian materi hingga pembahasannya dan link download.Penulis memberikan materi dari berbagai sumber bacaan,sehingga menambah kejelasan jurnal yang dibahas.
dari segi penulisan ,desain mebel dalam pendidikan seni dan desain lebih baik di bandingkan Pengaruh Penerangan Dalam Ruang Terhadap Produktivitas Kerja Mahasiswa Desain Interior , karena penulisan dalam sistem pakar ada kesalahan sedikit dalam penulisaannya tapi kedua jurnal tersebut masih bisa di pahami.
Dari segi kejelasan materi menurut saya, jurnal desain mebel dalam pendidikan seni dan desain mudah dipahami dibanding jurnal Pengaruh Penerangan Dalam Ruang Terhadap Produktivitas Kerja Mahasiswa Desain Interior, karena jurnal sistem pakar di mana di jelaskan mengenai pendidikan tentang seni.
Dari kedua jurnal Hasil analisa ,saya menyimpulkan bahwa jurnal yang saya baca memiliki kualitas yang bagus dan layak untuk dijadikan referensi bacaan.
Bila terdapat kesalahan saya mohon di maafkan, karena manusia tidak pernah luput
dari kesalahan,dan apabila materi yang disampaikan terapat
kesamaan,harap maklum,karena materi didapatkan dari banyak sumber.
Terimakasih.
reference :
http://rhidetotakarai.blogspot.co.id/2012/10/artikel-perbedaan-grafis-secara-umum.html
http://renaldi-eha.blogspot.co.id/2015/10/pengenalan-desain-pemodelan-grafik.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Desain_grafis