responsive1.txt

This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Wednesday 12 October 2016

Pemanfaat Bisnis Inforamtika Pada Penulisan Ilmiah

Pariwisata adalah berbagai macam kegiatan wisata dan didukung berbagai fasilitas serta layanan yang disediakan oleh masyarakat, pengusaha, pemerintah dan pemerintah daerah (UU No. 10 Tahun 2009). Di era modernisasi, pariwisata dunia saat ini semakin berkembang pesat seperti halnya negara-negara Eropa yang menjadikan kegiatan pariwisata sebagai suatu kebutuhan primer atau kebutuhan pokok. Perkembangan pariwisata dunia pada umumnya didorong oleh munculnya kegiatan pariwisata masal.
Pariwisata di dalam negeri juga tidak kalah berkembang dengan pesatnya. Menurut data statistik yang dirilis oleh Kementrian Pariwisata pada bulan juli 2016, kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia mencapai 1,032,741 sedangkan untuk periode januari-juli 2016 mencapai 6,324,324 wisatawan yang berkunjung ke Indonesia (kemenpar.go.id). Langkah serius pemerintah dalam menggejot sektor pariwisata dalam negeri mampu memperbaiki pertumbuhan ekonomi indoneisa sebesar 7 persen (liputan6.com). Hal ini membuktikan bahwa Indonesia yang memiliki banyak objek wisata yang dapat dikembangkan dan dapat dijadikan sebagai menambah devisi negara.
Salah satu objek pariwisata yang dapat dijadikan destinasi baik untuk wisatawan dalam negeri maupun mancanegara ada di daerah Pandeglang, Banten Jawa Barat. Pandeglang merupakan sebuah kabupaten yang berada di provinsi Banten. Pandeglang mempunyai banyak objek menarik dengan keadaan alam yang sangat mendukung, salah satunya yaitu pariwisata air nya, banyak sekali pariwisata air yang di tawarkan oleh daerah yang satu ini, salah satunya yaitu pantai anyer yang sangat terkenal.
Pariwisata di Pandeglang sebenarnya dapat diperhitungkan dan dapat terus dikembangkan, apabila akses untuk mendapatkan informasi mudah. Di zaman yang serba canggih dan cepat orang-orang mengharapkan sebuah aplikasi yang dapat di gunakan untuk memberikan inforamsi saat ingin berkunjung ke suatu daerah, oleh karena itu saya membuat aplikasi penulisan ilmiah dengan judul “aplikasi informasi  wisata air di pandeglang”.
Aplikasi mobile objek wisata air Pandeglang ini dirancang untuk perangkat mobile handphone perangkat mobile yang sekarang sudah tidak asing lagi dan memasyarakat, sehingga dapat menjadi perangkat yang tepat guna dan terjangkau oleh para wisatawan dalam penggunaan aplikasi ini, karena aplikasi ini sudah dapat dioperasikan di mobile yaitu aplikasi yang dapat digunakan dimanapun dan kapanpun wisatawan berada. System operasi yang nantinya digunakan handphone adalah android. karena saat ini android berkembang sangat pesat dan bahkan sudah menjadi system operasi handphone yang sangat popular.

Langkah pembuatan aplikasi :
1. Pengumpulan data tentang wisata air di pandegalng banten secara observasi seperti contoh berikut : pulau anyer, pulau umang, pantai ciputih, pantai, cibeureu, pantai marina, pantai jambu, pantai pasir putih florida, pantai sawarna, pantai tanjung lesung dll.
2. Perancangan sebuah bentuk aplikasi sehingga terbentuk sebuah tampilan yang menarik bagi user dan pengembang menggunakan software INTEL XDK.
3. Proses Pengujian aplikasi dengan cara mencoba di sebuah smarthphone yang berbasis android dengan versi jellybean, percobaan ini dilakukan untuk mengetahui apakah aplikasi berjalan sesuai dengan harapan.

Kelebihan aplikasi
·         Mempunyai fitur GPS sehingga user dapat menemukan lokasi wisata air yang berada di pandeglang
·         Informasi yang di sampaikan lengkap dan jelas
·         Aplikasi tidak memakan banyak memori
·         Aplikasi ringan saat di jalankan


Persiapan promosi

·         Memberi aplikasi gratis pada playstore
Pertama saya harus mengupload ke playstore dan memberikan aplikasi secara gratis sehingga semua pengguna dapat mencobannya.
·         Promosi aplikasi melalui media social
Pertama saya harus mencopy link download dan memberi keterangan sehingga semua pengguna tertarik untuk mendownloadnya.
·         Buat deskripsi aplikasi dalam sebuah website
Membuat deskripsi semenarik mungkin atau bisa menggunakan SEO dengan keyword sesuai dengan informasi aplikasi wisata air di pandeglang banten.
·         Membuat video pemasaran melalui youtube.
Pertama kita harus membuat video dan mengupload ke youtube kemudian kita bias memasarkan dengan memasang iklan melalui google adwords.
·         Menyebarkan informasi aplikasi pada sebuah forum-forum.

Mendaftar di sebuah forum-forum ternama seperti kaskus,viva forum, forum detik lalu berkomentar atau memposting menuju ke sebuah link download.

Definis Bisnis

DEFINISI BISNIS
Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa inggris (business), dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.

Dalam ekonomi kapitalis, dimana kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. Pemilik dan operator dari sebuah bisnis mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu, usaha, atau kapital yang mereka berikan. Namun tidak semua bisnis mengejar keuntungan seperti ini, misalnya bisnis koperatif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan semua anggotanya atau institusi pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Model bisnis seperti ini kontras dengan sistem sosialistik, dimana bisnis besar kebanyakan dimiliki oleh pemerintah, masyarakat umum, atau serikat pekerja.

Secara etimologi, bisnis berarti keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Kata "bisnis" sendiri memiliki tiga penggunaan, tergantung skupnya — penggunaan singular kata bisnis dapat merujuk pada badan usaha, yaitu kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan. Penggunaan yang lebih luas dapat merujuk pada sektor pasar tertentu, misalnya "bisnis pertelevisian." Penggunaan yang paling luas merujuk pada seluruh aktivitas yang dilakukan oleh komunitas penyedia barang dan jasa. Namun definisi "bisnis" yang tepat masih menjadi bahan perdebatan hingga saat ini.

Pengertian Bisnis menurut Plowman

merupakan serangkaian kegiatan yang berhubungan dengan pembelian ataupun penjualan barang dan jasa yang dilakukan secara berulang-ulang. Menurut paterson dan plowman, penjualan jasa ataupun barang yang hanya terjadi satu kali saja bukanlah merupakan pengertian bisnis.

Pengertian Bisnis menurut Owen

adalah suatu perusahaan yang berhubungan dengan distribusi dan produksi barang-barang yang nantinya dijual ke pasaran ataupun memberikan harga yang sesuai pada setiap jasanya.

Pengertian Bisnis menurut Hunt & Urwick

 adalah segala perusahaan apapun yang membuat, mendistribusikan ataupun menyediakan berbagai barang ataupun jasa yang dibutuhkan oleh anggota masyarakat lainnya serta bersedia dan mampu dalam membeli atau membayarnya.

Pengertian Bisnis menurut L.R Dicksee

adalah suatu bentuk dari aktivitas yang utamanya bertujuan dalam memperoleh keuntungan bagi yang mengusahakan atau yang berkepentingan di dalam terjadinya aktivitas tersebut.

Bentuk Kepemilikan Bisnis

Meskipun bentuk kepemilikan bisnis berbeda-beda pada setiap negara, ada beberapa bentuk yang dianggap umum:

1.    Perusahaan Perseorangan adalah bisnis yang kepemilikannya dipegang oleh satu orang. Pemilik perusahaan perseorangan memiliki tanggung jawab tak terbatas atas harta perusahaan.

2.    Persekutuan adalah bentuk bisnis dimana dua orang atau lebih bekerja sama mengoperasikan perusahaan untuk mendapatkan keuntungan. Sama seperti perusahaan perseorangan, setiap sekutu (anggota persekutuan) memiliki tanggung jawab tak terbatas atas harta perusahaan. Persekutuan dapat dikelompokkan menjadi persekutuan komanditer dan firma.

3.    Perseroan adalah bisnis yang kepemilikannya dipegang oleh beberapa orang dan diawasi oleh dewan direktur. Setiap pemilik memiliki tanggung jawab yang terbatas atas harta perusahaan.

4.    Koperasi adalah bisnis yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan. Koperasi bertujuan untuk menyejahterakan anggotanya. Karateristik utama koperasi yang membedakan dengan badan usaha lain adalah anggota koperasi memiliki identitas ganda. Identitas ganda maksudnya anggota koperasi merupakan pemilik sekaligus pengguna jasa koperasi.



   TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Definisi teknologi informasi dan komunikasi adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Oleh karena itu, teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan. Jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media.Istilah TIK muncul setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer (baik perangkat keras maupun perangkat lunak) dengan teknologi komunikasi pada pertengahan abad ke-20. Perpaduan kedua teknologi tersebut berkembang pesat melampaui bidang teknologi lainnya. Hingga awal abad ke-21, TIK masih terus mengalami berbagai perubahan dan belum terlihat titik jenuhnya.


DEFINISI BISNIS INFORMATIKA

Bisnis informatika adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau kelompok orang yang memiliki nilai (value) dengan tujuan mendapatkan keuntungan yang dilakukan dengan bantuan teknologi informasi. Teknologi informasi  disini mencakup semua hal yang berkaitan dengan teknologi informasi seperti internet.

Jenis-Jenis Bisnis Informatika

Bisnis dalam dunia Teknologi Informasi saat ini sedang berkembang sangat pesat. Tidak bisa dipungkiri bahwa hasil dari bisnis dalam dunia Teknologi Informasi sangat menjanjikan dan mempunyai prospek yang baik. Bisnis dalam dunia Teknologi Informatika dapat dibagi menjadi dua jenis bentuk, yaitu dalam bentuk produk dan jasa. Berikut ini akan dijelaskan lebih detailnya

Produk

Dalam bentuk produk, berarti si pelaku bisnis menawarkan sebuah barang kepada konsumen atau pasar. Produk yang ditawarkan umunya berupa Hardware dan Software.
Hardware : merupakan bisnis dengan cara menjual hardware/perangkat keras.
Software : merupakan bisnis yang melakukan pejualan terhadap software/perangkat lunak.

Jasa

Dalam bentuk jasa, berarti si pelaku bisnis menawarkan sebuah pelayanan/service ke pada konsumen. Jasa yang ditawarkan dapat berupa konsultan IT, e-commerce, dan software house.

E-commerce (Jual Beli Online) : e-commerce merupakan suatu tindakan melakukan transaksi bisnis secara elektronik dengan menggunakan media internet sebagai media komunikasi yang paling utama. Tipe-tipe model bisnis e-commerce antara lain:
·         Penjualan online (secara langsung tanpa melalui perantara)
·         Sistem tender elektronik (suatu model dimana seorang pembeli meminta kadidat penjual untuk   menawarkan harga, pemenagnya adalah seorang penjual yang menawarkan harga yang paling rendah).
·         Lelang dengan harga beli “name your own price” (suatu model dimana pembeli menentukan harga yang mampu ia bayar, dan mengundang penjual yang mau menjual barang dengan harga tersebut)
·         Affiliate marketing ( suatu perjanjian dimana rekanan pemasaran ( perusahaan, organisasi, perorangan) mengacu konsumen ke situs web penjual )
·         Viral marketing (pemasaran dari “mulut ke mulut” dimana konsumen menganjurkan suatu produk atau jasa perusahaan kepada teman- temannya atau orang lain)
·         Group purchasing (pembelian dalam skala besar yang memungkinkan sekelompok pembeli mendapatkan potongan harga)
·         Lelang online
·         Personalisasi (kustomisasi) produk atau jasa; menciptakan produk atau jasa sesuai dengan spesifikasi yang diminta pembeli
·         Pasar elektronik (e-market) dan exchange
·         Integrator rantai pertambahan nilai (value chain)
·         Penyedia layanan rantai pertambahan nilai
·         Broker informasi
·         Pertukaran barang (barter)
·         Keanggotaan
·         Fasilitator rantai pasokan (supply chain)

Konsultan IT : merupakan orang-orang yang menyarankan kepada client Teknologi Informasi apa yang harus digunakan untuk memenuhi sasaran bisnis, menyelesaikan suatu masalah dalam bisnis, memperbaiki struktur dan efisiensi dan sistem IT organisasi. Seorang konsultan IT mempunyai beberapa tugas khusus, yaitu:
·         Bertemu dengan client untuk menentukan keperluan bisnis
·         Bekerja dengan client untuk menetapkan jangkauan dari suatu proyek
·         Merencanakan timescale dan kebutuhan sumber daya
·         Menjelaskan spesifikasi sistem client, memahami kebiasaan kerja mereka (client) dan sifat dasar dari bisnisnya
·         Bepergian ke tempat customer
·         Berhubungan dengan staff pada semua tingkat dari organisasi client
·         Menetapkan software, hardware dan kebutuhan jaringan
·         Menganalisa kebutuhan IT dalam perusahaan dan memberikan nasehat yang independen dan objektif dalam penggunaan IT
·         Mendevelop solusi yang cocok dan mengimplementasikan sistem baru
·         Memberikan solusi dalam laporan tertulis ataupun lisan
·         Membantu client pada aktivitas perubahan manajemen
·         Membeli sistem jika cocok
·         Merancang, menguji, memasang dan memonitoring sistem baru
·         Menyiapkan dokumentasi dan memberikan laporan proses pada customer
·         Mengatur pelatihan untuk user dan konsultan lain
·         Mengenali potential client dan membangun dan memelihara hubungan

Software House : adalah seseorang atau sekelompok orang atau sebuah perusahaan kecil yang bergerak di bidang jasa pembuatan atau perbaikan perangkat lunak (software). Software house biasanya menerima pembuatan atau perbaikan software, database, website, program accounting lengkap, termasuk inventory management, purchasing/ selling products and services, account based dan support online system.

Perkembangan Bisnis Informatika di Indonesia

Perkembangan dan kemajuan bisnis informatika di negara kita sudah sangat pesat sekali dan sangat menggiurkan. bisnis ini akan tiada matinya karena dunia IT setiap detik berkembang, oleh karna itu bisnis ini tidak mungkin ada matinya. contohnya saja seperti warnet yang bagaikan rumput liar dimana saja ada. Ini dikarenakannya masyarakat makin membutuhkan informasi. selain warnet yaitu toko hardware yang menyediakan segala kebutuhan di bidang IT, kita sudah tidak kesusahan lagi untuk mencari toko komputer. selain itu masyarakat yang mempunya dana yang lebih mereka ada yang membuat perusahaan IT Konsultan yang akan sedia selalu membantu kantor, perusahaan dan masyarakat yang sedang membutuhkan bantuan di bidang IT.

Dalam kehidupan kita dimasa mendatang, sektor teknologi informasi dan telekomunikasi merupakan sektor yang paling dominan. Siapa saja yang menguasai teknologi ini, maka dia akan menjadi pemimpin dalam dunianya. Teknologi informasi banyak berperan dalam bidang-bidang antara lain :

Bidang pendidikan (e-education)

Kecenderungan dunia pendidikan di Indonesia di masa mendatang adalah:
·         Berkembangnya pendidikan terbuka dengan modus belajar jarak jauh (Distance Learning). Kemudahan untuk menyelenggarakan pendidikan terbuka dan jarak jauh perlu dimasukan sebagai strategi utama.
·         Sharing resource bersama antar lembaga pendidikan / latihan dalam sebuah jaringan.
·         Perpustakaan & instrumen pendidikan lainnya (guru, laboratorium) berubah fungsi menjadi sumber informasi daripada sekedar rak buku.
·         Penggunaan perangkat teknologi informasi interaktif, seperti CD-ROM Multimedia, dalam pendidikan secara bertahap menggantikan TV dan Video.



Bidang Pemerintahan (e-government)

Bisa merupakan suatu proses transaksi bisnis antara publik dengan pemerintah melalui sistem otomasi dan jaringan internet, lebih umum lagi dikenal sebagai world wide web. Pada intinya e-government adalah penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dan pihak-pihak lain.

Bidang Keuangan dan Perbankan

Saat ini telah banyak para pelaku ekonomi, khususnya di kota-kota besar yang tidak lagi menggunakan uang tunai dalam transaksi pembayarannya, tetapi telah memanfaatkan layanan perbankan modern. Layanan perbankan modern yang hanya ada di kota-kota besar ini dapat dimaklumi karena pertumbuhan ekonomi saat ini yang masih terpusat di kota-kota besar saja, yang menyebabkan perputaran uang juga terpusat di kota-kota besar. Sehingga sektor perbankan pun agak lamban dalam ekspansinya ke daerah-daerah. Hal ini sedikit banyak disebabkan oleh kondisi infrastruktur saat ini selain aspek geografis Indonesia yang unik dan luas.

Untuk menunjang keberhasilan operasional sebuah lembaga keuangan/perbankan seperti bank, sudah pasti diperlukan sistem informasi yang handal yang dapat diakses dengan mudah oleh nasabahnya, yang pada akhirnya akan bergantung pada teknologi informasi online, sebagai contoh, seorang nasabah dapat menarik uang dimanapun dia berada selama masih ada layanan ATM dari bank tersebut, atau seorang nasabah dapat mengecek saldo dan mentransfer uang tersebut ke rekening yang lain hanya dalam hitungan menit saja, semua transaksi dapat dilakukan.



PENGAMATAN E-COMMERCE MATAHARIMALL

KELEBIHAN

1.    Dari tampilan website sudah sangat menarik, website tidak lambat dan mempunyai tampilan yang sangat simple sehingga konsumen tertarik untuk berbelanja melalui situs mataharimall.com, terdapat banyak kategori seperti handphone, kamera, Fashion wanita, Fashion laki-laki, jam tangan,tas dll.  sehingga konsumen dapat memilih barang dengan santai.
2.    Cara pembayaran sangat mudah di mataharimall.com mempunyai dua metode dengan cara di transfer dan bayar di tempat (COD).
3.    Meringankan pembayaran dengan melalui system kredit/di cicil melalui bank-bank tertentu seperti mandiri ,permata bank, cimb niaga.
4.    Menyediakan tutorial tata cara belanja di matahrimall.com sehingg konsumen baru  mudah berbelanja.
5.    Mempunyai fitur livechat sehingga dapat bertanya-tanya tentang catalog, Keluhan, pengiriman dll.

KEKURANGAN
1.    Terdapat Bug Pada Menu Pembayaran
Pernah saya alami ketika saya ingin membayar memlalui metode kartu kredit saya akan mengganti metode tersebut memalui transfer bank terdapat pesan error sehingga saya harus mengulang dan  tidak semua barang bisa bayar di tempat.
2.    Konfirmasi Pesanan Yang Cukup Lama
Pada saat saya  sudah  membayar perbenjaan konfirmasi sangat lama sehingga tidak bisa terburu-buru.
3.    Dalam pengiriman terkadang tidak sesuai tepat pada waktunya.

PERKEMBANGAN BISNIS INDONESIA
Krisis ekonomi tahun 1998 telah menghancurkan sendi-sendi perekonomian Indonesia. Segala sektor dari yang besar sampai sektor terkecilpun terkena imbasnya dan terancam kelangsungan hidup usahanya, bahkan para investor asing berduyun-duyun ‘lari’ mencabut bisnisnya di Indonesia, Akibatnya terjadi banyak pengangguran di mana-mana.
Pemilu 1999 memberikan harapan baru bagi dunia bisnis di Indonesia. Iklim usaha di Indonesia berangsur-angsur pulih. Hal ini juga tidak terlepas karena stabilitas negara yang membaik sehingga gairah investasi muncul kembali. Tatanan perekonomian kembali stabil meskipun kurs rupiah sudah sangat turun dibandingkan sebelum terjadinya krisis. Daya beli masyarakat meningkat lagi dan bisnis-bisnis baru banyak bermunculan.
Di awal millennium ke-21 ini, bisnis di Indonesia tumbuh dengan pesat. Banyak pelaku-pelaku bisnis baru bermain di berbagai segmen pasar konsumen. Paling banyak sektor yang berkembang secara dominan adalah sektor telekomunikasi dan waralaba (franchise). Sektor telekomunikasi bisa berkembang pesat karena kemajuan teknologi global khususnya di bidang handphone dan internet.
Sektor lain yang berkembang pesat adalah sektor bisnis waralaba. Maraknya bisnis seperti ini dikarenakan masyarakat yang mempunyai dana ingin berusaha tetapi tidak susah-susah memulai dari nol. Berbisnis dengan cara ini dianggap lebih mudah dan menguntungkan.

          Di dalam dunia usaha di Indonesia, jenis yang paling banyak digiatkan masyarakat adalah usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Hal ini terbukti dari seluruh unit usaha di Indonesia yang mencapai 45,7 juta unit usaha (2006), 98% masyarakat bergerak dalam sektor UMKM. Sektor yang paling banyak dilirik adalah jenis usaha berdagang di pasar, warung kaki lima, usaha kerajinan dan produksi barang dalam skala kecil s.d. menengah.
Bidang internet juga menunjukkan grafik kemajuan pesat. Banyak orang kini dalam berbisnis tidak bisa terpisahkan dengan dunia internet bahkan bidang usahanya adalah di dalam dunia maya internet. Hal ini otomatis memberikan peluang bisnis bagi pebisnis untuk berusaha diantaranya dalam jasa warnet.
Bisnis lain yang berkembang pesat pada periode 1999-2008 adalah bisnis properti terutama di kota-kota besar. Bisnis properti ini juga merambah kalangan menengah ke bawah yaitu bisnis perumahan.dan pendirian kios-kios murah. Masyarakat menengah ke bawah juga diberi kesempatan agar mampu mengembangkan usaha bisnisnya. Namun meliahat kenyataan yang ada di lapangan, bisnis-bisnis itu sebagian besar masih dikuasai pelaku lama. Pelaku baru memang ada, tetapi kuantitas bisnisnya cenderung stagnan.








DAFTAR PUSTAKA