responsive1.txt

Tuesday 11 July 2017

Komputer Paralel

Pengolahan parallel (Parallel processing) adalah pengolahan infrmasi yang menekankan pada manipulasi data-data elemen secara simultan. Idealnya, parallel processing membuat program berjalan lebih cepat karena semakin banyak CPU yang digunakan. Tetapi dalam praktek,seringkali sulit membagi program sehingga dapat dieksekusi oleh CPU yang berbea-beda tanpa berkaitan di antaranya, Maksudnya program dijalankan dengan banyak CPU secara bersamaan dengan tujuan untuk membuat program yang lebih baik dan dapat diproses dengan cepat. Dapat diambil kesimpulan bahwa pada parallel processing berbeda dengan istilah multitasking, yaitu satu CPU mengangani atau mengeksekusi beberapa program sekaligus, parallel processing dapat disebut juga dengan istilah parallel computing.Tujuannya memperceoat komputasu dari sistem computer dan menambahkan jumlah keluaran yang dapat dihasilkan dalam jangka waktu tertentu. Sedangkan Komputer parallel adalah computer multi-prosesor dengan kemampuan melakukan pengolahan parallel.
M.J. Flynn menjabarkan parallel computing ke dalam 4 buah model yaitu SISD, SIMD, MISD dan MIMD. Berikut penjelasannya :
1.  Komputer SISD (Single Instruction stream-Single Data stream)
Adalah Sesuai dengan arti dari SISD sendiri, komputer yang memakai model ini adalah komputer dengan prosesor tunggal dan menjalankan satu instruksi yang dieksekusi secara serial. Yang sering menggunakan model ini adalah komputer konvensional. Contoh komputer yang menggunakan model SISD ini adalah  UNIVAC1, IBM 360, CDC 7600, Cray 1 dan PDP 1. Gambarnya bisa di lihat di bawah ini.


2. Komputer SIMD (Single Instruction stream-Multiple Data stream)
Adalah data yang akan dimanipulasi berbeda.Komputer dengan model ini memiliki lebih dari satu prosessor, tetapi hanya mengeksekusi satu instruksi yang sama pada data yang berbeda.  Komputer vector adalah salah satu contoh komputer yang menggunakan model ini. Contoh lainnya adalah ILLIAC IV, MasPar, Cray X-MP, Cray Y-MP, Thingking Machine CM-2 dan Cell Processor (GPU).


3.  Komputer MISD (Multiple Instruction stream-Single Data stream)
Adalah datanya masih dalam bentuk teori. Teorinya komputer ini memiliki satu prosesor dan mengeksekusi beberapa instruksi secara paralel tetapi praktiknya tidak ada komputer yang dibangun dengan arsitektur ini karena sistemnya tidak mudah dipahami. Sampai saat ini belum ada komputer yang menggunakan model MISD.


4.  MIMD (Multiple Instruction stream-Multiple Data stream)
Adalah datanya yang paling banyak di gunakan. Komputer ini memiliki lebih dari satu prosesor dan mengeksekusi lebih dari satu instruksi secara paralel. Tipe komputer ini yang paling banyak digunakan untuk membangun komputer paralel, bahkan banyak supercomputer yang menerapkan arsitektur ini. Beberapa komputer yang menggunakan model MIMD adalah IBM POWER5, HP/Compaq AlphaServer, Intel IA32, AMD Opteron, Cray XT3 dan IBM BG/L.



Aristektur Komputer Parallel menurut Michael J.Quinn terdiri dari:

1.      Data Parallelism
·      Penerapan operasi yang sama secra simultan terhadap elemen-elemen dari kumpulan data.
2.      Control Parallelism
· Penerapan operaso-operaso berbeda terhadap elemen-elemen yang berbeda secara berssamaan.
·  Dapat terjadi aliran data antar proses-proses dan kemungkinan terjadi aliran data yang kompleks/rumit.
·    Pipeline merupakan satu kasus dari control parallelism, dimana aliran data membentuk jalur yang sederhana.
Contoh dari data parallelism dan control parallelism :



Penjelasannya:
·         Pekerja 4 dapat dilakukan jika ketika pekerjaan 1,2,3 telah selesai. Pekerjaan 1, 2, dan 3 dapat dilakukan secara bersamaan, sebagai contoh control parallelism.
·         Masing-masing pekerjaan adalah contoh data parallelism.
·          Sementara pekerjaan 4 dikerjakan pada sebuah taman, pekerjaan 1,2 dan 3 dapat dikerjakan pada satu taman yang lain. 

Suatu program parallel memerlukan koordinasi ketika sebuah tugas bergantung pada tugas lainnya. T.G. Lewis membedakan komputer paralel ke dalam dua kelas, berdasarkan adaatau tidak adanya common global cloc. Ada dua macam bentuk koordinasi pada komputer parallel :



·         Synchronous(saling terhubung proses pengolahannya)
Bentuk synchronous merupakan koordinasi pada hardware yang memaksa semua tugas agar dilaksanakan pada waktu yang bersamaan dengan mengesampingkan adanya ketergantungan tugas yang satu dengan yang lainnya.
·         Asynchronous(tidak saling terhubung pegolahannya
Sementara bentuk asynchronous mengandalkan mekanisme pengunci untuk mengkoordinasikan processor tanpa harus berjalan bersamaan.

Hubungan antara Komputasi Modern dan Parallel Processing
Parallel Processing juga disebut komputasi paralel. Dalam upaya lebih murah pengolahan komputasi paralel menyediakan alternatif pilihan yang layak. Waktu idle siklus prosesor di seluruh jaringan dapat digunakan secara efektif oleh perangkat lunak komputasi terdistribusi yang canggih. Pengolahan paralel digunakan untuk mewakili kelas besar teknik yang digunakan untuk memberikan tugas pengolahan simultan data untuk tujuan meningkatkan kecepatan komputasi dari sistem komputer.
Kelebihan     :
·              Waktu eksekusi lebih cepat.
·                  Throughput jadi lebih tinggi.

Kekurangan  :
·                  Perangkat keras lainnya yang dibutuhkan.
·                  Kebutuhan daya juga lebih.
·                  Tidak baik untuk daya rendah dan perangkat mobile.

Sumber:


0 komentar:

Post a Comment