responsive1.txt

Wednesday 12 October 2016

Pemanfaat Bisnis Inforamtika Pada Penulisan Ilmiah

Pariwisata adalah berbagai macam kegiatan wisata dan didukung berbagai fasilitas serta layanan yang disediakan oleh masyarakat, pengusaha, pemerintah dan pemerintah daerah (UU No. 10 Tahun 2009). Di era modernisasi, pariwisata dunia saat ini semakin berkembang pesat seperti halnya negara-negara Eropa yang menjadikan kegiatan pariwisata sebagai suatu kebutuhan primer atau kebutuhan pokok. Perkembangan pariwisata dunia pada umumnya didorong oleh munculnya kegiatan pariwisata masal.
Pariwisata di dalam negeri juga tidak kalah berkembang dengan pesatnya. Menurut data statistik yang dirilis oleh Kementrian Pariwisata pada bulan juli 2016, kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia mencapai 1,032,741 sedangkan untuk periode januari-juli 2016 mencapai 6,324,324 wisatawan yang berkunjung ke Indonesia (kemenpar.go.id). Langkah serius pemerintah dalam menggejot sektor pariwisata dalam negeri mampu memperbaiki pertumbuhan ekonomi indoneisa sebesar 7 persen (liputan6.com). Hal ini membuktikan bahwa Indonesia yang memiliki banyak objek wisata yang dapat dikembangkan dan dapat dijadikan sebagai menambah devisi negara.
Salah satu objek pariwisata yang dapat dijadikan destinasi baik untuk wisatawan dalam negeri maupun mancanegara ada di daerah Pandeglang, Banten Jawa Barat. Pandeglang merupakan sebuah kabupaten yang berada di provinsi Banten. Pandeglang mempunyai banyak objek menarik dengan keadaan alam yang sangat mendukung, salah satunya yaitu pariwisata air nya, banyak sekali pariwisata air yang di tawarkan oleh daerah yang satu ini, salah satunya yaitu pantai anyer yang sangat terkenal.
Pariwisata di Pandeglang sebenarnya dapat diperhitungkan dan dapat terus dikembangkan, apabila akses untuk mendapatkan informasi mudah. Di zaman yang serba canggih dan cepat orang-orang mengharapkan sebuah aplikasi yang dapat di gunakan untuk memberikan inforamsi saat ingin berkunjung ke suatu daerah, oleh karena itu saya membuat aplikasi penulisan ilmiah dengan judul “aplikasi informasi  wisata air di pandeglang”.
Aplikasi mobile objek wisata air Pandeglang ini dirancang untuk perangkat mobile handphone perangkat mobile yang sekarang sudah tidak asing lagi dan memasyarakat, sehingga dapat menjadi perangkat yang tepat guna dan terjangkau oleh para wisatawan dalam penggunaan aplikasi ini, karena aplikasi ini sudah dapat dioperasikan di mobile yaitu aplikasi yang dapat digunakan dimanapun dan kapanpun wisatawan berada. System operasi yang nantinya digunakan handphone adalah android. karena saat ini android berkembang sangat pesat dan bahkan sudah menjadi system operasi handphone yang sangat popular.

Langkah pembuatan aplikasi :
1. Pengumpulan data tentang wisata air di pandegalng banten secara observasi seperti contoh berikut : pulau anyer, pulau umang, pantai ciputih, pantai, cibeureu, pantai marina, pantai jambu, pantai pasir putih florida, pantai sawarna, pantai tanjung lesung dll.
2. Perancangan sebuah bentuk aplikasi sehingga terbentuk sebuah tampilan yang menarik bagi user dan pengembang menggunakan software INTEL XDK.
3. Proses Pengujian aplikasi dengan cara mencoba di sebuah smarthphone yang berbasis android dengan versi jellybean, percobaan ini dilakukan untuk mengetahui apakah aplikasi berjalan sesuai dengan harapan.

Kelebihan aplikasi
·         Mempunyai fitur GPS sehingga user dapat menemukan lokasi wisata air yang berada di pandeglang
·         Informasi yang di sampaikan lengkap dan jelas
·         Aplikasi tidak memakan banyak memori
·         Aplikasi ringan saat di jalankan


Persiapan promosi

·         Memberi aplikasi gratis pada playstore
Pertama saya harus mengupload ke playstore dan memberikan aplikasi secara gratis sehingga semua pengguna dapat mencobannya.
·         Promosi aplikasi melalui media social
Pertama saya harus mencopy link download dan memberi keterangan sehingga semua pengguna tertarik untuk mendownloadnya.
·         Buat deskripsi aplikasi dalam sebuah website
Membuat deskripsi semenarik mungkin atau bisa menggunakan SEO dengan keyword sesuai dengan informasi aplikasi wisata air di pandeglang banten.
·         Membuat video pemasaran melalui youtube.
Pertama kita harus membuat video dan mengupload ke youtube kemudian kita bias memasarkan dengan memasang iklan melalui google adwords.
·         Menyebarkan informasi aplikasi pada sebuah forum-forum.

Mendaftar di sebuah forum-forum ternama seperti kaskus,viva forum, forum detik lalu berkomentar atau memposting menuju ke sebuah link download.

0 komentar:

Post a Comment